Minggu, 06 Desember 2015

CARA MENGUBAH MOTOR V-IXION INJEKSI MENJADI KARBULATOR

 hidup itu adalah sebuah pilihan bro..!!

Bagi kamu pecinta motor V-IXION yang mau mengubah motornya yang masih injeksi menjadi karbulator. Nih aku kasih tau caranya, tapi siapkan dulu uang kira-kira 1 juta -1.5 juta.

Perbedaan mendasar tentunnya ada pada sistem pemasokan bahan bakar, dimana v-ixion standar lebih irit dibandingkan v-ixion yang sudah di ubah injeksi,nya menjadi karburator.
  1. part-part v-ixion injeksi (standar)
  •  ecu 
  • fuell pump 
  • injektor 
  • sensor-sensor
  • dll
 
       2. part-part vixion karburator
  •  CDI 
  •  Karburator 
  •  dll
nah itu cara-cara pembakaran sistem injeksi dengan karbu
 
1. persiapkan part-part yang dibutuhkan diantaranya :
    a. karburator ( option bisa pakai karbu pwk, pe28, rx king, dll )
    b. CDI ( penggunaan CDI berhubungan dengan panjang tonjolan dimagnet yang akan dibuat )
    c. Soket CDI
    d. kabel untuk membuat perkabelan baru,,jadi tidak merusak yang original
    e. selang bensin
    f. kran bensin ( merk aftermarket )
2. pertama membuat tonjolan pulser baru dimagnet,usahakan tonjolan baru dibuat disisi luar dari tonjolan magnet yang original yang ada  11 tonjolan.
Sebenernya, waktu awal-awal beli motor v-ixion engga pernah kepikiran dari injeksi mau ganti ke karburator. Tapi, semenjak v-ixion aku full pump,nya kena, aku berfikir dari pada aku buang duit buat beli full pump baru tapi endingnya ga bertahan lama, percuma juga dong!
 mending yang pasti-pasti aja lah...!
Vixion Karburator, tentu ada positif dan negatifnya. Boros itu Pasti ! :mrgreen:
Tapi sebanding dengan apa yang didapatkan. .walaupun boros tapi larinya juga pasti beda dengan motor injeksi lainnya.reen: 
Berikut beberapa part dan rincian harga yang dibutuhkan untuk menggubah sistem v-ixion injeksi menjadi karburator 
  • Magnet mx                                            : 256.000Spul 
  • MX                                                          : 210.000
  • Kiprok                                                    : 118.000
  • Kabel 4 meter (perkiraan)                   : 20.000
  • Selang Bensin                                       : 10 ribu
  • Kabel gas Jupiter z                               : 22.000
  • Aluminium (untuk menutup lubang ais di manifold, modif penutup saluran bensin dari tangki) : 60.000
  • Kran bensin                                           : 30.000
  • Soket kuningan                                     : 15.000
  • Saklar                                                      : 8.000
  • Baut                                                        : 1.000
                                                          Total      : 1.010.000
1. kita bisa tidak mengunakan magnet mx,
 tapi kalo kamu engga mau merusak yang aslinya, bisa buat tonjolan magnet baru, di magnet aslinya.


proses pembuatan berdasarkan panduan gambar pembuatan tonjolan magnet ( pulser ) yang simpel seperti dibawah ini 

2. Untuk pick up coil
yang nempel dibak mesin kiri gampang carannya agar sejajar dengan tonjolan baru yaitu lepas 2 baut pengikatnya trus dibalik posisi si pick up coil agar lebih kedalam.



3. merangkai CDI dengan membuat kabel baru, disini saya menggunakan CDI mio 5TL, 
diagram diatas menggunakan sistem total lost jadi yang diputus adalah arus cdi,bukan masa seperti motor std pabrikan



4. Koil yang digunakan adalah koil motor cdi,
disini ada beberapa koil yang sudah dicoba diantaranya koil kitaco dan koil shogun 110. setelah dikomparasi tenaga terasa ringan dengan koil racing.


5. membuat saluran bensin dari tangki,
tidak perlu bingung membuat saluran baru,cukup copot full pump trus potong pipa hitam yang ada di full pump bensin akan mengalir dengan sendirinya.







6. memilih intake manifold,
untuk intake manifold usahakan jangan yang ribet-ribet atau kalo engga pake orinya v-ixion aja terus pada lubang injektornya ditutup dengan lem plastic stell, kalau tidak bisa pakai punya binter mersi, atau scorpio.


7. pemilihan karburator sangat penting disini,
untuk ventury karbutaor semakin besar semakin bagus, karena saya menggunakan karbulator pe28 tarikan terasa mantap dari awal sampai akhir top speed. 

    itu adalah langkah-langkah yang digunakan untuk merubah sitem vixion injeksi menjadi sistem v-ixion karburator, untuk masalah biaya tergantung merk dan kualitas part yang digunakan. Dan untuk hal-hal yang berhubungan dengan part-part tersebut harga bisa berubah-ubah sesuai pasaran.
 SEMOGA INI BERMANFAAT BUAT KAMU PARA PECINTA MOTOR V-IXION

2 komentar:

  1. Mas boleh minta nomer hp.a. atau nama IG SAMPEAN.

    BalasHapus
  2. Gan apa bisa cdi satria fu di pake di jupiter z lama

    BalasHapus